Berbagi itu indah dan menentramkan

ArmyAmber / Pixabay

Suatu ketika, ada seorang sahabat nabi yang tidak bisa tidur. Ia cuma bisa membolak-balikkan badannya di tempat tidur dengan gelisah. Istrinya yang heran pun bertanya, “kenapa kamu ini? Apa yang terjadi denganmu?”
Sahabat nabi saw itu menjawab, “Aku bingung. Tadi sore aku mendapatkan rezeki dari Allah banyak sekali”. Istrinya menjawab, “Mengapa kau bingung? Sekarang tidurlah. Nanti pagi setelah shalat subuh, bagi-bagikanlah semua harta itu kepada tetangga kita”.

Mendengar itu, sahabat nabi saw itu terlonjak dan mengucapkan terima kasih kepada istrinya. “Kamu benar sekali!”, katanya.

Sahabat pembaca. Allah telah memerintahkan kita untuk berbagi kepada sesama. Allah telah berfirman di dalam kitab-Nya, “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS: Al Hadiid: 7)

Saat kita berbagi, kita tidak hanya mendapatkan pahala. Bahkan, sudah luas diakui bahwa kita bisa mendapatkan juga hal-hal duniawi seperti kesehatan dan kebahagiaan.

Rasulullah saw telah bersabda, “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, yang paling ringan diantara bencana itu adalah penyakit kusta dan sopak.” (HR. Thabrani).

Sahabat pembaca, Rasulullah saw tidak bohong. Secara harfiah, berbagi memang meningkatkan kesehatan kita. Jorge Moll dari National Institutes of Health menemukan bahwa ketika seseorang melakukan donasi kepada suatu yayasan, beberapa area di otak yang terkait dengan kenyamanan, koneksi sosial, dan rasa percaya turut aktif dan menciptakan efek “warm glow”. Jadi, saat kita berbagi, ada area otak kita yang memunculkan efek warm-glow (bercahaya hangat). Otak kita langsung memproduksi hormon dopamine (hormon kebahagiaan) dan oxytocin (hormon yang mengurangi stres).

Sahabat pembaca, bukankah ajaran Islam luar biasa? Kita diperintahkan untuk beramal sesuatu yang memang sangat bagus efeknya untuk kita. Ternyata, selain mendapat pahala, jika kita berbagi, kita juga bisa semakin sehat, kecemasan kita berkurang, semakin bahagia, dan jadi manusia yang lebih baik.

Sahabat pembaca, saya teringat dengan salah satu kaos anak tertulis Sharing is wonderfull.  kalau sudah tahu begini, siapa yang tidak mau berbagi kan? Memang berbagi itu menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *