Peran Web Designer & Web Developer

Tiba-tiba hari ini saya ingin sekali menulis tapi terasa bingung apa yang akan saya tulis di website personal saya, tiba tiba saya buka dreamwaver kutak katik CSS yang sudah lama saya tinggalkan semenjak saya menjadi team suveyor, lalu seketika saking pusing dengan kode kode pemograman langsung sontak! wah kayak bagus nih kalo saya tulis perbedaan dan tugas web design dan web developer dalam membangun website.

Lalu apa sih tugas web developer dan tugas web desain. kalo pun semua diambil ya buat koding untuk menghubungan data data dari hanya sebuah kerangka menjadi sebuah web dengan link halaman satu kehalaman berikutnya dan menjadi puluhan halaman rasa pegel  hebat dan bukan lagi mendesain mulai dari halaman depan sampai akhir sesuai dengan struktur web yang dipilih.

Pembagian tugas antara Web Designer & Web Developer adalah berikut ini.

Tugas Seorang Web Developer

Tugas Web  Developer pertama menghubungkan setiap unit pemrograman. Mulai dari pemanggilan data dari Database Membuat script untuk mengakses database & menghubungkan tabel-tabel dalam database dan pasti Melakukan uji coba kinerja program pada setiap unit pemrograman

Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer.

  1. Client-side: JavaScript
  2. Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
  3. Databases: MySQL, Oracle, dsb.

Setelah semua beres web developer akan menyerahkan pekerjaannya kepada web designer untuk menciptakan tampilan yang baik

Tugas Seorang Web Designer

Mendesain menggunakan Photoshop, corel draw dan flash untuk menata Layout  Banner, Link, Animasi dan lainnya. Web designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Dia adalah orang yang membuat wajah halaman web tampak begitu “cantik”. beberapa hal yang dikuasai oleh web designer.

Berikut adalah bagian hal yang harus dipahami oleh seorang web designer:

  1. Client-side scripting: JavaScript
  2. Server-Side scripting: PHP, ASP, dsb.
  3. Cascading Style Sheets
  4. HTML
  5. Manipulasi image : Adobe Photosop, GIMP, Corel Draw, dsb.
  6. Animasi, biasanya berupa flash.

Kesimpulan : Bagi seorang web developer, kemampuan logis sangat dibutuhkan untuk mengatur alur aplikasi web yang dibuat. Sedangkan web designer membutuhkan kemampuan artistik dan kreatifitas.

You may also like